Isu Rotasi Eselon II Sampai Demosi Pejabat Pemprovsu, ini Nama-nama Beredar

Isu rotasi dan demosi pejabat eselon II di Kantor Gubsu semakin 'riuh'. Beberapa hari belakangan ini, santer isu rotasi besar-besaran jabatan eselon II (Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

topmetro.news – Isu rotasi dan demosi pejabat eselon II di Kantor Gubsu semakin ‘riuh’. Beberapa hari belakangan ini, santer isu rotasi besar-besaran jabatan eselon II (Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Sejumlah nama pejabat eselon II yang dilantik Edy Rahmayadi, kemungkinan besar bertukar posisi atau dirotasi oleh Pj Gubernur Sumut Hassanudin.

Infonya, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho, bersama Badan Kepegawaian (BK) Sumut, telah berkonsultasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Kementerian Dalam Negeri perihal rotasi, menyusul telah rampungnya proses asesmen (tes dan evaluasi kinerja) para pejabat Eselon II.

Isu rotasi tersebut pun menggelinding di lingkungan Pemprov Sumut dan menjadi perbincangan hangat sejumlah besar ASN. Mereka berpendapat rotasi pejabat adalah wewenangnya Pj Gubsu Hassanudin.

Nama-nama yang selama ini menduduki jabatan strategis, kemungkinan besar akan bergeser. Meski beragam spekulasi mewarnai isu itu, namun pergeseran itu, katanya, untuk meningkatkan kinerja Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Pemprov Sumut.

Pasalnya Pj Gubsu Hassanudin dengan tagline saat ini ‘Sumut Hebat’, ingin agar para pimpinan dan staf di masing-masing OPD, melakukan percepatan realisasi program pembangunan menyesuaikan tuntutan perkembangan dan berbasiskan akurasi data.

Ada pun nama-nama pejabat yang beredar adalah:

1. Dr Drs M Ismael Parenus Sinaga MSi menjadi Asisten Administrasi Umum, sebelumnya Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah.
2. Achmad Fadly SSos MSP menjadi Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, sebelumnya Kepala Badan Pendapatan Daerah.
3. Dr Zulkifli SIP MM menjadi Kepala Badan Pendapatan Daerah, sebelumnya Sekretaris DPRD.
4. Baharuddin Siagian SH MSi menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan, sebelumnya Kadis Kepemudaan dan Keolahragaan.
5. Ir Alfi Syahriza ST MEng Sc menjadi Kadis PUPR, sebelumnya Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman.
6. Ilyas S Sitorus SE MPd menjadi Kadis Pendidikan, sebelumnya Kadis Komunikasi dan Informatika.
7. Dedi Jaminsyah Putra SSTP MSP menjadi Kadis Kepemudaan dan Keolahragaan, sebelumnya Kepa Biro Umum.
8. Ir Muhammad Armand Effendy Pohan MSi menjadi Kadis Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sebelumnya Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan.
9. Drs Juliadi Zurdani Harahap MSi menjadi Kepala Badan Kepegawaian, sebelumnya Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah.
10. Ir Yuliani Siregar MAP menjadi Kadis Sosial, sebelumnya Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
11. Moettaqien Hasrimi SSTP MSi menjadi Kepala Biro Umum, sebelumnya Kepala Biro Administrasi Pimpinan.
12. Faisal Arif Nasution SSos MSi menjadi Sekretaris DPRD, sebelumnya Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.
13. Desni Maharani Saragih SSTP menjadi Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, sebelumnya Kepala Biro Organisasi.

7 Pejabat Demosi

Sementara santernya isu rotasi eselon II, ada tujuh pejabat yang terkena demosi. Pejabat yang terkena demosi itu karena adanya temuan pelanggaran kerja sampai pemeriksaan kasus penyalahgunaan wewenang jabatan.

Namun sampai saat ini, nama tujuh pejabat itu masih rahasia.

Begitu pun, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho mengatakan belum mengetahui kabar pelantikan tersebut. “Saya gak tau,” ujar Arief lewat pesan WhatsApp menjawab wartawan Jumat (2/2/2024) malam.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment